Dugaan Penipuan oleh Gold's Gym: 770 Korban Siap Tempuh Jalur Hukum

Dugaan Penipuan oleh Gold’s Gym: 770 Korban Siap Tempuh Jalur Hukum

ngehitsnow.id – Forum Korban Gold’s Gym Indonesia (FKGGI) berencana melaporkan dugaan penipuan yang dilakukan oleh pusat kebugaran tersebut, setelah penutupan mendadak seluruh cabang pada 30 Juni lalu. Sekitar 770 korban tercatat mengalami kerugian total mencapai Rp 6 miliar akibat penutupan ini.

Tindakan Hukum yang Ditempuh

FKGGI telah menggelar pertemuan pada 28 Juni 2025 untuk merumuskan langkah hukum yang akan diambil. Dalam pernyataan resmi, FKGGI menyampaikan bahwa mereka sedang menyiapkan langkah hukum pidana dan perdata untuk mengatasi masalah ini melalui pengadilan dan mekanisme penyelesaian sengketa konsumen.

“Saat ini FKGGI sedang menyusun langkah hukum pidana dan perdata, baik melalui pengadilan maupun mekanisme penyelesaian sengketa konsumen,” tulis FKGGI dalam pernyataan tertulisnya.

Selain itu, FKGGI juga bersiap menyusun somasi kepada PT Fit and Health Indonesia untuk mengembalikan dana anggota secara penuh. Proses ini juga meminta transparansi terkait status hukum perusahaan untuk melindungi hak-hak anggota dan pekerja.

Dampak Penutupan Terhadap Anggota dan Pekerja

Penutupan mendadak cabang Gold’s Gym mengakibatkan banyak anggota yang tengah memiliki keanggotaan aktif merasa dirugikan. Pekerja, termasuk personal trainer, juga menghadapi permasalahan berkaitan dengan pembayaran gaji dan hak-hak ketenagakerjaan.

FKGGI menambahkan, “Hingga kini, banyak dari mereka belum menerima gaji terakhir, komisi, dan hak-hak ketenagakerjaan lainnya seperti pembayaran BPJS Ketenagakerjaan,” menunjukkan manajemen tidak memenuhi kewajiban hukum mereka terhadap tenaga kerja.

Kekecewaan anggota meningkat ketika mereka mendapati adanya praktik penjualan yang dianggap tidak etis. Banyak anggota melaporkan bahwa pihak sales masih menawarkan promo keanggotaan baru meskipun sudah mengetahui rencana penutupan cabang.

Respon FKGGI dan Lembaga Konsumen

FKGGI menyatakan bahwa mereka telah melibatkan lembaga resmi, seperti Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), untuk menyelesaikan masalah ini. Hingga saat ini, YLKI menerima 191 pengaduan dari anggota terkait masalah ini.

BACA JUGA:  Resep Roti Tawar Panggang Rasa Martabak yang Lezat

“Namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut atau tanggapan dari manajemen Gold’s Gym,” tambah FKGGI, yang menambah frustrasi anggota ketika panggilan mereka kepada pihak sales tidak mendapatkan respons.

Salah satu anggota mengungkapkan rasa kecewa, “Saya baru masuk di bulan Juni, sales nawarin promo makanya tergiur, tau-taunya cabang tutup tanpa pemberitahuan dulu, padahal katanya awalnya cuma beberapa aja yang tutup.”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *